Minggu, 24 Februari 2013


Sering dengar mitos-mitos tentang tinggi badan remaja yang sering kamu dengar? Atau, jangan-jangan selama ini kamu sudah terjebak di kegiatan yang sia-sia? Cek mitos-mitos dan faktanya disini! Kamu juga bisa menuliskan komentarmu di bawah.
Mitos atau Fakta: Renang/basket/lompat tali bikin tubuh tinggi
Siapa yang setelah mendengar ini jadi rutin berenang? Atau jangan-jangan ada di antara kamu yang selalu lompat tali di saat senggang? Sebenarnya, basket, renang, ataupun lompat tali bisa membantu kamu tumbuh tinggi, karena olahraga rutin yang menggerakkan seluruh tubuh mampu memancing tubuh untuk memproduksi hormon pertumbuhan1. Fakta jawabannya!
Mitos atau Fakta: Kurang tidur bikin pendek
Ya, ini adalah mitos yang ada muatan faktanya. Tubuh kamu bertumbuh dan berkembang justru di malam hari, ketika kamu sedang tidur nyenyak. Selama kamu tidur, tubuhmu menginstruksikan tulang dan ototmu untuk bertumbuh dan bertambah melalui hormon pertumbuhan2. Oleh karena itu, hindari bergadang dan cukupi kebutuhan tidurmu. Kamu juga sudah tahu kan kalau kurang tidur dapat menyebabkan obesitas?
Mitos atau Fakta: Tidur terlentang bisa bikin tambah tinggi
Nah, kalau yang ini masih mitos! Belum ada penelitian yang menyebutkan kalau posisi tidur tertentu bisa memacu atau bahkan menghambat pertumbuhan. Namun, mengingat pertumbuhan terjadi saat tidurmu nyenyak, pilihlah posisi tidur yang paling nyaman dan rileks menurut kamu.
Mitos atau Fakta: Tas punggung yang terlalu berat bikin pendek
Nah, lho! Bagaimana dengan tasmu? Tas yang terlalu berat akan memaksa kamu untuk menopangnya dengan cara agak membungkuk ke depan. Posisi ini akan menekan bantalan sendi dan membuatmu terbiasa berjalan bungkuk, sehingga kamu terlihat lebih pendek3. Kalau tasmu memang terlalu berat, coba kurangi jumlah buku yang dibawa setiap harinya.
Mitos atau Fakta: Kalau cegukan, artinya mau tambah tinggi
Kalau yang ini sih jelas mitos! :) Cegukan terus menerus bukan berarti tubuhmu akan meninggi. Banyak penyebab cegukan, seperti kebanyakan makan, perubahan suhu, atau stres4, tapi bertambah tinggi bukanlah salah satunya.
Bonus: Cara mudah (kelihatan) tinggi
Mau tahu cara mudah untuk terlihat lebih tinggi? Ternyata mudah, cukup berdiri dengan tegak dan proporsional. Berdiri tegak membantu kamu terhindar dari sakit leher, bahu, dan punggung bawah4. Selain itu, berdiri tegak juga bikin kamu lebih pede dan positive thinking, lho5! Kombinasikan denganolahraga teratur dan asupan nutrisi yang cukup, tentu kamu akan lebih mudah untuk tumbuh ke atas, nggak ke samping.

0 komentar :

Posting Komentar