Sabtu, 28 Juli 2012



 

 

INILAH.COM, London - Olimpiade London 2012 resmi dibuka. Pembukaan ditandai dengan suara lonceng dan aksi kocak dari Mr. Bean.
Upacara Pembukaan Olimpuade berlangsung pada Sabtu, (28/7/2012) dinihari WIB, dan disaksikan lebih dari 80 ribu penonton. Acara super meawah itu menghabiskan dana sebesar 42 juta dollar AS (sekitar 400 miliar rupiah).
Lonceng Olimpiade diklaim sebagai lonceng dengan bunyi paling harmonik di dunia. Lonceng tersebut dibuat oleh Whitechapel Bell Foundry, di mana tempat pembuatannya hanya beberapa mil dari Stadion. The Foundry juga menciptakan Liberty Bell (tahun 1752) dan Big Ben (1858).
Lonceng tersebut berbunyi selama tiga menit pada pukul 08:12 dan kemudian diikuti lonceng-lonceng lain bersamaan dengan bergeraknya perahu keemasan kerajaan, Gloriana, yang membawa obor Olimpiade dari Sungai Thames menuju Taman Olimpiade atau Olympic Parks.
Upacara pembukaan tersebut disutradarai oleh Danny Boyle, Sutradara film yang sukses meraih piala Oscar melalui film Slumdog Millionaire.
Bertema Isles of Wonder yang terinspirasi dari drama karya pujangga kenamaan Inggris, William Shakespeare, yang berjudul The Tempest. Suasana pedesaan khas Inggris lengkap dengan binatang ternak hidup seperti domba, kuda, ayam, dan angsa, diwujudkan Boyle di Olympic Stadium.
Selanjutnya, setting stadion berubah-ubah mengikuti perkembangan zaman Inggris, perkembangan industri dan pembangunan dari waktu ke waktu menggantikan latar rumput hijau yang sebelumnya menutupi stadion Olympic.
Selama kurang lebih 3 jam, penonton disajikan sebuah pertunjukkan animasi, efek lampu, kembang api, dan pawai orang yang memukau. Meski demikian, Doyle mengakui beberapa bagian acara yang tadinya dipersiapkan harus dihilangkan demi menghemat waktu penyelenggaraan.
Upacara pembukaan lalu dimulai dengan penyambutan dari Ratu Elizabeth II terhadap presiden IOC, Jacques Rogge di pintu masuk Olympic Stadium.

Selanjutnya, prosesi acara akan berlanjut ke Parade Atlet. Parade Atlet ini berdasarkan alfabet, namun kontingen terdepan ditempati oleh Yunani, dan kontingen tuan rumah berada di urutan paling akhir.
Setelah itu, sambutan diberikan oleh ketua panitia Sebastian Coe dan Jecques Rogge sebelum bendera olimpiade dikibarkan diiringi oleh lagu tema Olimpiade.
Para aktor ternama, Kenneth Branagh, penulis "Harry Potter" JK Rowling, dan pemeran "Mr Bean" Rowan Atkinson juga memainkan peran dalam upacara yang durasinya dipotong 30 menit. Bahkan Mr Bean memperlihatkan aksi konyolnya tapi inspiratif ketika menggunakan payung untuk menekan tuts piano.

0 komentar :

Posting Komentar