Senin, 31 Desember 2012

img

Festival Danau Sentani (Sastri/detikTravel)

Jakarta - Dari Januari-Agustus 2012, sebanyak 5,2 juta wisman dari berbagai negara datang ke Indonesia. Untuk memenuhi target 8 juta wisman akhir tahun ini, Kemenparekraf siapkan beragam festival dalam Year-end Festive Season 2012.

"Kita masih punya 3 bulan untuk memenuhi target 8 juta wisman," tutur Menparekraf Mari Elka Pangestu saat konferensi pers di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (1/10/2012).

Dari data BPS dan Pusdatin Kemenparekraf, kunjungan wisman ke Indonesia pada Januari-Agustus 2012 meningkat 5% dari periode yang sama tahun lalu. Januari-Agustus tahun ini, Indonesia menerima 5.211.704 wisman sementara tahun 2011 lalu 4.964.167 wisman.

Untuk mengoptimalkan kunjungan wisman ke Indonesia, Ditjen Pemasaran Kemenparekraf telah menyiapkan Year-end Festive Season 2012. "Year-end Festive Season 2012 fokus pada wisman dari negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Australia, Korea, sampai RRT," kata Mari.

Kunjungan akhir tahun termasuk musiman bagi wisatawan. Para turis melancong ke berbagai destinasi untuk menghabiskan akhir tahun. Oleh karena itu, Year-end Festive Season 2012 akan dipenuhi berbagai program acara yang tersebar di seluruh Indonesia seperti Batam, Bintan, Solo, Yogya, Lombok, dan beberapa kota lainnya.

"Di Batam-Bintan misalnya, nanti akan diadakan Vegetarian Food Festival, dan sebagainya," tambah Wamenparekraf Sapta Nirwandar dalam kesempatan yang sama.

Pekan ini, Mari Elka akan bertemu dengan perwakian Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) yang ada di 13 lokasi di 12 negara untuk mematangkan strategi pariwisata Indonesia untuk para wisman. Tak hanya untuk Year-end Festive Season, tapi juga rapat koordinasi dengan semua pemangku kepentingan industri pariwisata.

"Pertemuan pekan ini juga untuk membicarakan program tahun depan," tambahnya.

0 komentar :

Posting Komentar